Ada beberapa cara untuk menjadikan website kamu memiliki fitur tracking, salah satunya adalah menggunakan Google Tag Manager (GTM). Beberapa kelebihan yang saya suka dari GTM:
- Tersedia template GTM dan dapat di export maupun import (fast implementation)
- Dapat diimplementasikan ke banyak website
- Memiliki version control sebagai log historis
- Bisa dikustomisasi sesuai keperluan
- Terintegrasi dengan Google Analytics, Google Adwords, dan 3rd party lainnya
Pada materi kali ini, kita akan mengimplementasikan GTM simple untuk keperluan Facebook Ads. Pastikan kamu sudah:
- Daftar (Sign Up) Google Tag Manager
- Install plug-in GTM4WP di WordPress
- Install Facebook Pixel Helper di Chrome Extension
- Install Tag Assistant di Chrome Extension
Materi tracking fundamental ini merupakan ringkasan dari materi di YouTube Channel Measure School dengan beberapa adaptasi untuk chekcout flow lokal. Untuk mempercepat implementasi, saya akan memberikan kamu template untuk langsung diimport dan dimodifikasi pixel ID nya agar dapat bekerja dengan Facebook Ads kamu.
Selanjutnya. silahkan membuat Facebook Pixel dahulu seperti SS di bawah
- Download file GTM import ready di sini
- Sekelibat mengenai Facebook Ads Tracking
- Cara import file dan pixel ID yang harus dimodifikasi
- Cara pengaturan Google Tag Manager For WordPress
- Penjelasan singkat mengenai fitur-fitur GTM
- Alasan-alasan yang mendasari konfigurasi Facebook Ads Tracking Template yang saya bagikan
- Cara mendapatkan HTML code standard event Facebook Ads
- Cara membuat akun Google Analytics dan mendapatkan tracking code
- Cara membuat GTM Tag untuk Google Analytics ID kita
- Cara cek implementasi GTM Tag GA ID