Sociabuzz: Tempat Buat Video Iklan Model Endorse Murah Meriah

Dengan total biaya jasa video endorse selebgram senilai Rp. 400.000, video yang dihasilkan influencer Sociabuzz mampu menghasilkan ROI biaya endorse sampai dengan >20 kali lipat1Target ROI ((omset – COGS – biaya iklan)/Biaya Iklan)) iklan saya adalah senilai biaya iklan itu sendiri atau 100% atau 9 juta rupiah. Sangat menguntungkan ya.

Kampanye Facebook Menggunakan Video Influencer Sociabuzz
Kampanye Facebook Menggunakan Video Influencer Sociabuzz

Mengenai Sociabuzz

Melalui kacamata pemiliki brand level UMKM, Sociabuzz ini ibarat lokapasarnya (marketplace) influencer dan jasa kreatif2Fotografi, videografi, model, dsb. Tidak heran, dengan imbalan jasa di bawah Rp. 500.000 pun banyak yang apply untuk job yang, terkadang saya buat, cukup demanding3Ribet dengan banyak syarat dan ketentuan.

Berdasarkan pengalaman saya, rerata influencer yang melamar per proyek yang saya terbitkan ada di level belasan bahkan puluhan. Harga yang diajukan pun sesuai anggaran pada brief proyek. Artinya, memang sebanyak dan sekompetitif itu influencer yang terdaftar di Sociabuzz.

Sesuai judul post ini, saya akan share bagaimana mengoptimalkan Sociabuzz sehingga mendapatkan video yang berkualitas.

Buat Project Brief Sociabuzz Sedetail Mungkin

Project Brief Template Sociabuzz
Project Brief Template Sociabuzz

Untungnya, Sociabuzz sudah menyediakan template project brief yang cukup detail. Hal ini penting untuk menjaga ekspektasi antara pemilik proyek dengan influencer. Ada 2 kolom yang perlu diperhatikan pemilik proyek; Kolom yang perlu dilakukan Influencer dan kolom syarat & ketentuan lainnya.

Tips Mengisi Kolom yang Perlu Dilakukan Influencer

Yang pertama, buat project brief dengan tujuan Facebook/Google Ads ready sehingga video yang dihasilkan minim revisi/editing. Bahkan, lampirkan spesifikasi teknis, seperti dimensi, untuk memastikan video mudah diedit dan tidak terpotong secara serampangan.

Selain dimensi, saya juga biasanya meminta mereka untuk tidak menambahkan soundtrack apapun yang berpotensi untuk menjadikan video tidak bisa dipakai karena risiko IP complaint4komplain Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang tinggi. IP complaint ini bisa menyebabkan akun iklan kita banned.

File mentahan dari influencer dengan kombinasi voice over dan soundtrack akan menjadi malapetaka untuk editor video iklan Facebook dikarenakan beberapa placement Facebook Ads memiliki durasi kurang dari 30 detik, sehingga perlu dipercepat.

Kedua, lampirkan script yang kamu buat sendiri untuk menjaga jalan cerita video yang masuk akal dan converting. Walau memang ada beberapa influencer yang jago buat cerita sendiri namun tidak banyak dan harus dicoba satu-satu. Infuencer yang jago bikin cerita sendiri biasanya memiliki banyak konten non-komersial yang kita rasa juga menarik.

Oh ya, pastikan brand dan nama produk kamu muncul di script voice over sehingga meningkatkan trust pemirsa dan tidak mudah dibajak toko online lain.

Yang terakhir, pastikan influencer tidak menempelkan teks apapun dalam video sehingga memudahkan untuk di-remix dengan konten iklan lainnya, dan tidak menggunakan menggunakan watermar apapun dalam membuat video yang diminta, seperti watermark TikTok. Watermark TikTok untuk video iklan dapat meningkatkan CPM dan menurunkan jangkauan iklan (sumber).

Tips Mengisi Kolom Syarat & Ketentuan Lainnya

Untuk kolom ini, tips dari saya cukup simpel; Pastikan kamu memiliki file mentah hi-res dan hak penuh untuk menggunakan materi untuk keperluan komersial lainnya. Dengan begini, kamu bisa meminimalisir risiko hukum yang mungkin timbul kedepannya

Double check project brief yang sudah diisi karena tidak dapat diubah begitu di-submit. Sebelum disebar ke influencer, tim Sociabuzz akan meninjau project brief kita dalam 1×24 jam atau lebih cepat dari itu. Biasanya dalam 1-2 hari, sudah banyak influencer yang mengajukan kerjasama.

Jika banyak influencer yang mengajukan kerjasama, bagaimana cara kita menyaringnya untuk mendapatkan influencer yang berkualitas?

Cara Memilih Influencer di Sociabuzz

Ketika mencari influencer di Sociabuzz untuk video iklan model endorese berkualitas dan murah meriah, saya jarang menggunakan metrik engagement rate sebagai kriteria pemilihan influencer yang diajak kerja sama. Selain tidak relevan, metrik engagement rate ini juga mudah untuk dimanipulasi. Sangat mungkin para influencer saling bekerjasama untuk saling like dan comment untuk meningkatkan metrik ini.

Metrik engagement rate bisa berguna dan menjadi patokan kasar apabila kamu ingin menggunakan influencer sebagai kanal penjualan kamu. Walaupun, kamu PERLU untuk tetap ngecek kualitas komen di post mereka seperti buatan atau bukan?

Kunjungi Feed Instagram Influencer Sociabuzz

Semakin banyak video influencer yang menurut kita menarik dari sisi emosi, cerita, dan editing, semakin tinggi kemungkinan influencer menghasilkan video yang berkualitas. Banyaknya materi video yang engaging menunjukan si influencer ini berpengalaman dan memiliki hasil yang berkualitas.

Artikulasi voice over itu cukup penting. Tinggi/rendah nya nada influencer ketika bercerita bantu yakinkan calon konsumen

Jika sudah yakin dengan kualitas pekerjaan influencer, saatnya kita memperkirakan bagaimana ketepatan waktu dan kualitas komunikasi antara klien dengan influencer.

Review Testimonial Klien Influencer

Mengulas testimonial yang diberikan klien sebelumnya berguna untuk mengetahui sebaik apa kualitas komunikasi dan kerja sama antara klien dengan influencer. Sebisa mungkin kita menghindari influencer yang kurang responsif, bekerja seenaknya (tidak sesuai brief), dan tidak tepat waktu.

Semakin banyak pendapat (ulasan) yang diberikan klien ke konsumen, bisa menjadi pertanda bahwa influencer tersebut sangat kooperatif dalam mengerjakan brief proyek.

Kapan Saatnya Menggunakan Sociabuzz?

Dikarenakan Sociabuzz ini membutuhkan biaya dan waktu untuk menjalankannya, saya sangat menyarankan untuk menggunakan Sociabuzz ketika sudah menemukan produk andalan untuk diiklankan. Artinya, produknya sudah pernah diiklankan meggunakan kanal digital dan terbukti menguntungkan.

Jika kamu baru saja mulai beriklan dan memiliki modal yang terbatas, saya sangat menyarankan kamu untuk menggunakan cara-cara gratis terlebih dahulu dalam membuat video iklan Facebook, yang pernah saya jabarkan di sini.

Leave a Reply